Sirih Kaya Manfaat dan Berpeluang Bisnis





Indonesia memiliki kekayaan hayati yang sangat melimpah, diantaranya adalah jenis tanaman obat-obatan. Kekayaan Indonesia akan jenis tanaman obat-obatan membuat Indonesia dikenal di Dunia, karena keragaman tanaman yang tubuh dan bermanfaat. Salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat dan manfaat adalah tanaman sirih (Piper betle).
Klasifikasi tamanan berdasarkan ilmiah atau taksonomi dari daun sirih adalah sebagai               

Kingdom         : Plantae


Division           : Magnoliophyta
Class                : Magnoliopsida
Ordo                : Piperales
Family             : Piperaceae
Genus             : Piper
Spesies            : Piper betle






Sirih adalah salah satu tanaman asli yang tubuh di Indonesia, sebagai jenis tanaman obat-obatan. Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang tumbuh pada tanaman lain dan juga menjalar ke daerah sekitar tumbuhnya. Jenis tanaman ini bisa mencapai tinggi/panjang kurang lebih 15 M, dan batang sirih berwarna coklat kehijauan, beruas, berbentuk bulat dan merupakan tempat keluarnya akar. Tanaman ini biasanya dipanen pada bagian daunnya, karena khasiat dan manfaat tanaman ini berada pada bagian daunnya.
Daun sirih merupakan bagian yang di konsumsi masyarakat kebanyakan. Tanaman ini sering kali digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat herbal atau tradisional. Secara tradisional daun sirih dikonsumsi biasanya dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Karena banyak nya kandungan nutrisi pada daun sirih yang sangat berguna untuk kesehatan, membuat tanaman ini di minati banyak sebagai persediaan obat herbal, tanaman ini sangat mudah tumbuh dimana saja di Indonesia.
Pada umumnya daun sirih mengeluarkan bau apabila diremas. Memiliki panjang sekitar 4–9 cm dan lebar 3–6 cm. Bunganya banyak (majemuk) berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung. Pada biji jantan panjangnya sekitar 2 – 3,5 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada biji betina panjangnya sekitar 2 – 6,5 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, berbentuk bulat dan berwarna coklat muda.
Daun sirih memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. Daun sirh memiliki kandungan nutria diantaranya kavicol, , caryophyllene, cyneole kavibetol, allylpyrokatekol, cadinene, diastase, fenil propana, minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, tanin, pati, seskuiterpena, terpennena dan gula. Semua zat nurisi itulah yang membuat sirih menjadi tanaman yang kaya manfaat dan kegunaannya karena dapat menyehatkan manusia.
Daun sirih memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena daun sirih tidak hanya dikonsumi oleh masyarakat Indonesia namun juga dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Selain dapat diolah menjadi obat-obatan herbal, sirih juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu makanan yang dapat dibuat dengan cara mudah dan tetap memilki khasiat dan manfaat yang utuh yaitu dengan mengolah daun sirih menjadi keripik sirih.
Keripik sirih merupakan produk olahan dari daun sirih. Pengolahan daun sirih menjadi keripik sirih dapat dibuat dengan cara berikut :
Daun sirih direndam dengan air sekitar 5 jam untuk membersihkan kotoran serta debu yang melekat, lalu dibasuh sampai bersih dan ditiriskan. Pemilihan daun yang mau dijadikan keripik juga tidak sembarangan. Kalau salah pilih kemungkinan keripik menjadi pahit, mesti dipilih daun yang sehat dan tidak rusak. Proses pembuatannya tidak terlalu sulit hampir sama dengan membuat kripik biasanya.
Dari sisi bisnis kripik daun sirih ini pasti punya potensi yang besar. Masyarakat kebanyakan sudah sadar akan manfaat tanaman obat seperti tanaman sirih, sehingga kripik daun sirih bisa menjadi sumber nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan. Selain itu kripik sirih adalah salah satu produk yang unik, sehingga pasti punya daya tarik yang besar, kita harus mengemasnya dengan bagus dan mempromosikannya sehingga dapat menembus pasar luas.
            Kita juga dapat melihat pelung bisnis yang dapat tercipta dari produk kripik sirih ini, karena masyarakat sekarang kembali memanfaatkan obat tradisional/herbal sebagai pengganti obat kimia/modern, hal ini merupakan peluang yang sangat baik untuk masyarakat dalam mengambil keuntung besar dari tanaman obat tradisional ini. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki tanaman sirih dapat mencoba membuat kripik sirih ini, dan bagi yang tidak memiliki tanaman sirih dirumah anda bisa menamamnya karena tanaman sirih mudah tumbuh di mana saja di Indonesia.
            Kalau kita lihat dari peluang agribisnis, komoditi ini sangat potensial untuk dikembangkan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kebutuhan farmasi atau obat-obatan  sangatlah banyak, sehingga permintaan terhadap komoditi sirih terus meningkat. Apabila kita membudidayakannya dan memasarkan nya dengan baik, maka komoditi ini akan memjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Kita dapat melihatnya dari segi permintaan, kebutuhan pabrik obat-obatan dan kosmetik sangat tinggi sebagai tempat pengolahan tanaman sirih menjadi produk siap pakai. Masyarakat juga tidak sedikit yang mengkonsimsi daun sirih secara tradisional, dibeberapa daerah memakan daun sirih menjadi ciri khas. Apabila kita berhasil memperkenalkan sirih lebih luas tentang manfaat dan khasiatnya, bukan tidak mungkin permintaan akan komoditi sirih ini akan terus bertambah secara signifikan.

5 Responses to "Sirih Kaya Manfaat dan Berpeluang Bisnis"

  1. pantes disini mahal sirih mas.. :3

    ReplyDelete
  2. Hahaha Bisa dicobak tuh, simple pun caranya. :D

    ReplyDelete
  3. daun sirih emang banyak manfaatnya top gan

    ReplyDelete
  4. bangga tinggal diindonesia, banyak kekayaan alamnya

    ReplyDelete
  5. di ruma ane banyak sirih gan... boleh di coba nih... mantap

    ReplyDelete

My Blog List

My Blog List